Anti Panas dan Nyaman, Ini Jenis Rumah untuk Daerah Tropis

Anti Panas dan Nyaman, Ini Jenis Rumah untuk Daerah Tropis

Dengan curahan sinar matahari sepanjang tahun, daerah tropis seperti Indonesia cenderung memiliki udara yang panas, lembab serta curah hujan yang tinggi. Hal tersebut membuat kita harus pintar membangun rumah yang tepat sehingga bisa bertahan dengan cuaca panas yang mungkin justru meningkat sepanjang tahun akibat pemanasan global.

Berikut ini SABE Indonesia bagikan 7 tipe rumah yang cocok untuk cuaca panas:

1. Rumah berplafon tinggi

Plafon tinggi akan membuat hunian terasa lebih sejuk karena sirkulasi udaranya leluasa. Selain itu, penggunaan plafon yang tinggi juga bisa membuat rumah terlihat lebih luas. Tak heran banyak rumah gaya kolonial jaman dahulu yang memiliki plafon tinggi. Suasana yang terasa rumah tersebut pun juga berbeda saat di siang hari.

2. Rumah panggung kayu

Jenis rumah kayu yang lebih tinggi beberapa cm dari tanah atau yang biasa disebut rumah panggung adalah salah satu solusi untuk rumah anti panas. Karena udara dari sela-sela kayu tersebut bisa mengimbangi panas yang terserap oleh lantai.

3. Rumah cat putih ala Amerika

Sudah menjadi rahasia umum bahwa warna putih adalah warna terbaik untuk mengatasi cuaca panas. Trik ini sudah digunakan oleh warga Amerika untuk membangun rumah anti panas mereka. Umumnya, rumah putih dengan dua lantai dan teras berbahan dasar kayu ini berada di tepi pantai serta memiliki jendela kecil di loteng yang bisa dibuka di siang hari agar angin dapat bersirkulasi di area rumah.

4. Rumah beton dan batu

Kombinasi beton dan batu mampu membuat rumah terasa lebih sejuk. Terlebih jika menggunakan batu alam, temperatur ruangan bisa lebih dingin. Rumah ini juga tidak berjamur sehingga kokoh hingga bertahun-tahun.

5. Rumah dengan ruang terbuka

Konsep hunian ruang terbuka sekaligus dengan menambahkan tanaman di sekitar rumah bisa membuat udara terasa lebih sejuk. Ruang terbuka tersebut bisa digunakan untuk bersantai bersama keluarga atau menerima tamu.

6. Rumah berkisi-kisi

Sirkulasi udara adalah salah satu kunci utama untuk menghindarkan pengap dan panas dalam ruangan. Tak heran, memilih rumah dengan jendela berkisi-kisi dapat membantu suhu ruangan lebih sejuk di cuaca panas.

7. Rumah dengan tanaman merambat

Menambahkan tanaman merambat pada dinding rumah bisa menyejukkan suhu ruangan. Beberapa contoh tanaman rambat untuk dinding yaitu climbing fig, bunga telang, bougenville, English ivy, hingga sirih gading.
Jika Anda ingin mengatur insulasi panas di rumah maupun bangunan lain, bisa pula dengan menggunakan dinding dan atap salju yang berfungsi sebagai insulasi panas.

Sabe Indonesia menghadirkan produk atap dan dinding salju berkualitas untuk membantu hunian senantiasa sejuk.



Sumber: www.homify.co.id

Punya Pertanyaan Mengenai Harga & Pemesanan Atap Salju? Hubungi Kami Sekarang!


Kontak Atap Salju Sabe Indonesia

Jenis Atap Anti Panas untuk Ruangan Lebih Sejuk

Temperatur wilayah Indonesia yang cenderung panas membuat or...

Tips Memilih Peredam Panas untuk Atap

Perubahan iklim yang terjadi saat ini membuat hawa terasa se...

Ciptakan Rumah Hemat Energi dengan Cara Ini!

Menciptakan hunian yang hemat energi menjadi salah satu upay...

Konsep Rumah Hemat Energi untuk Lingkungan Lebih Baik

Meningkatnya penggunaan energi yang tidak terkontrol pada se...

Dinding dan Atap Salju Sabe, Sandwich Panel Berkualitas untuk Ragam Konstruksi Bangunan

Sandwich panel atau dikenal juga sebagai insulated panel ada...

Send Message