Ciptakan Rumah Hemat Energi dengan Cara Ini!

Ciptakan Rumah Hemat Energi dengan Cara Ini!

Menciptakan hunian yang hemat energi menjadi salah satu upaya dalam mengurangi pemanasan global. Rumah hemat energi merupakan rumah yang dibangun dengan memanfaatkan sumber daya lingkungan sekitar.

Selain membangun rumah dengan menggunakan material khusus, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan guna mengurangi pemakaian energi sehari-hari. Berikut ini ulasan lengkapnya.

Gunakan plafon minimalis

Saat ini, rumah dengan plafon tinggi cukup populer di Indonesia. Namun, tahukah Anda bahwa semakin tinggi plafon semakin banyak lampu atau pencahayaan yang dibutuhkan.

Oleh karena itu, sebaiknya gunakan plafon yang lebih rendah dan minimalis agar tidak membutuhkan banyak lampu. Pilihlah jenis bohlam yang memiliki watt rendah agar lebih hemat listrik.

Desain plafon rumah yang ideal dan cocok dengan iklim tropis di Indonesia memiliki tinggi antara 2,8-3,5 meter.

Gunakan penutup jendela

Jendela yang berada di posisi tepat akan memaksimalkan pencahayaan yang masuk ke dalam rumah. Berdasarkan data dari Energy Saving Trust, ada sekitar 18% panas rumah yang keluar-masuk lewat jendela.

Rumah dengan banyak jendela dapat mengurangi penggunaan lampu di siang hari dan membuat rumah lebih sejuk sehingga tidak perlu pendingin ruangan.

Agar suhu dan cahaya yang masuk ke dalam ruangan bisa lebih terkontrol, gunakanlah penutup jendela yang tepat .

Pilih Atap Salju sebagai Atap Hunian

Tips selanjutnya untuk menciptakan rumah hemat energi adalah dengan menggunakan Atap Salju yang dirancang menggunakan material terbaik. Atap Salju adalah panel insulasi yang dapat menjadikan ruangan lebih sejuk dan nyaman.

Atap Salju Sabe telah memiliki sertifikat SNI serta bebas CFC/ HCFC sehingga aman untuk atap hunian. Dengan menggunakan Atap Salju, penggunaan pendingin ruangan bisa lebih hemat biaya.

Buatlah Area Hijau di Sekitar Rumah

Tanamlah berbagai tanaman hias di sekitar halaman rumah atau kebun belakang. Hal ini akan membuat suasana rumah lebih sejuk dan nyaman.

Selain menciptakan area hijau, metode ramah lingkungan lainnya yang bisa Anda coba adalah pengomposan dan pengumpulan air hujan. Air ini dapat digunakan untuk menyiram tanaman sehingga tagihan air lebih berkurang.


Sumber: rumah123.com

Punya Pertanyaan Mengenai Harga Pemesanan Atap Salju? Hubungi Kami Sekarang!


Kontak Atap Salju Sabe Indonesia

Konsep Rumah Hemat Energi untuk Lingkungan Lebih Baik

Meningkatnya penggunaan energi yang tidak terkontrol pada se...

Antisipasi Kebakaran dengan Bahan Bangunan Tahan Api Ini

Salah satu upaya untuk menghindari kebakaran pada bangunan a...

Anti Panas dan Nyaman, Ini Jenis Rumah untuk Daerah Tropis

Dengan curahan sinar matahari sepanjang tahun, daerah tropis...

Disclaimer

Semua penjelasan, deskripsi, gambar, dan informasi lainnya p...

Kebijakan Privasi

Adanya Kebijakan Privasi ini adalah komitmen nyata dari PT. ...

Send Message