Mengenal Apa Itu Cleanroom dalam Industri Manufaktur

Mengenal Apa Itu Cleanroom dalam Industri Manufaktur

Dalam industri manufaktur seperti industri farmasi, industri pangan, dan aplikasi teknik semikonduktor diperlukan suatu sistem ruang kerja yang mendukung kebutuhan tingkat polusi lingkungan rendah. Ruang kerja yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut dikenal dengan nama Cleanroom.

Tingkat kontaminasi terkontrol yang dimiliki cleanroom ditentukan oleh jumlah partikel per meter kubik pada ukuran partikel tertentu. Misalnya seperti udara ambeien di luar lingkungan perkotaan yang khas mengandung 35 juta partikel per meter kubik dalam kisaran ukuran 0,5 µm dan diameter yang lebih besar, sesuai dengan Cleanroom ISO 9. Sedangkan Cleanroom ISO 1 hanya mensyaratkan 12 partikel per meter kubik dalam kisaran 0,3 µm dan diameter lebih kecil.

Sejarah Cleanroom Modern

Cleanroom modern ditemukan oleh seorang fisikawan dari US yang bernama Willis Whitfield. Sebelum penemuan Whitfield, Cleanroom sering bermasalah dengan partikel dan aliran udara yang tidak dapat diperediksi. Whitfield merancang kamar bersihnya dengan aliran udara yang konstan dan disaring untuk membersihkan partikel udara. Di tahun 1960an, cleanroom modern Whitfield telah berkembang di seluruh dunia.

Cara Kerja di Dalam Cleanroom

Staf mengenakan pakaian pelindung (APD) lengkap mulai dari kerudung, masker wajah, sarung tangan, sepatu bot, dan lainnya. Kemudian masuk dan keluar melalui airlock (kadang termasuk shower air).

Sementara itu, peralatan di dalam Cleanroom dirancang untuk menghasilkan kontaminasi udara yang minim. Hanya pel dan lap khusus yang digunakan. Furnitur Cleanroom juga dirancang untuk menghasilkan minimal partikel yang mudah dibersihkan. Material umum seperti kertas, pensil, dan kain yang terbuat dari serat alami sering dikecualikan, hanya menggunakan alternatifnya saja.

Cleanroom tidak steril (bebas dari mikroba yang tidak terkontrol) , hanya partikel udara yang dikendalikan. Biasanya tingkat partikel diuji menggunakan perhitungan partikel dan mikroorganisme yang terdeteksi dan dihitung melalui metode pemantauan lingkungan.

Adapun beberapa alat pendukung Cleanroom adalah sebagai berikut:
Auto Door

Auto door adalah pintu kedap udara sebagai pengunci sirkulasi udara di dalam Cleanroom agar tidak terkontaminasi udara dari luar ruangan.

Pass Box Shower

Alat ini digunakan sebagai penyaring udara ketika ada seseorang yang akan memasukkan sesuatu ke dalam Cleanroom dan. Fungsinya untuk menghilangkan debu dan partikular udara serta menghilangkan kontaminan yang dihasilkan secara internal dari barang tersebut.
Scrub Station

Perangkat ini digunakan sebagai pembersih berupa air yang telah diolah khusus sehingga menghasilkan air jernih dan bebas PH berlebih. Scrub stadion dipakai sebelum memasuki ruang Cleanroom.

Air Shower

Kegunaannya hampir sama dengan passbox shower, hanya saja air shower digunakan untuk membersihkan orang yang akan memasuki Cleanroom.

Mengenal Susunan Material Sandwich Panel

Terdapat dua jenis sandwich panel yaitu, sandwich panel atap...

Tips Membangun Lapangan Indoor Sewa untuk Badminton

Bisnis sewa lapangan badminton bisa menjadi peluang usaha ya...

Harga Dinding Sandwich Panel Gresik untuk Bangunan Industri

Berkembangnya dunia konstruksi bangunan membuat pilihan mate...

Dinding Salju Sabe, Material Dinding Ideal untuk Cleanroom

Ruangan cleanroom membutuhkan tingkat sterilisasi yang tingg...

Alasan Mengapa Atap Salju SABE Lebih Dingin dan Sejuk

Sebagai salah satu material bangunan, sandwich panel atap sa...

Send Message